Logo
header
images

Foto Istimewa.

Ini 4 Alasan Kenapa Kita Harus Menghemat Air Bersih

SERANG - Kenapa kita harus menghemat air?  Toh banyak ketersediaan air di bumi ini. Mungkin seperti itu pemahaman orang awam terhadap ajakan hemat air bersih. Tapi memangnya kenapa yah kita harus menghemat air bersih?

sini mimin kasih tahu biar kalian paham ce'es. Menurut data National Geographic Data Center menerangkan bahwa sekitar 97 persen ketersediaan air di bumi ini adalah air asin dan air asin sangat sukar untuk kita konsumsi karena kandungan garam yang ada di air laut sangatlah tinggi bisa-bisa kalau kita meminum air laut terlalu banyak bukannya haus hilang justru kematian yang di dapat.

Artinya air yang bisa kita pakai untuk komoditi manusia adalah air tawar, air yang sudah melalui proses penyaringan secara alami. Air tawar bisa ditemukan di danau, sungai, dan aliran air yang tidak mengandung banyak garam. Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan air ini untuk bertahan hidup.

Jika dihitung-hitung sekitar 97 persen ketersediaan air ada di laut dan berarti hanya ada sekitar 3 persen air tawar.  Jumlah yang sedikit tersebut juga belum termasuk sekitar 2 persen air yang mengendap sebagai gletser dan membeku di bawah laut.

Jadi ada 4 alasan nih kenapa kita harus menghemat air bersih. Alasan pertama adalah menjaga cadangan air agar tidak menipis, alasan yang kedua adalah untuk menjaga keseimbangan jumlah air, alasan yang ketiga adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem air, dan alasan yang ke empat adalah untuk menghemat biaya pengeluaran air.

Jadi bisa paham yah sampai di sini jadi kita hanya bisa mengkonsumsi sekitar 1 persen saja untuk keberlangsungan hidup kelak, maka dari itu kita harus bijak menggunakan air bersih dan di belahan bumi lainnya ada beberapa negara atau daerah lain yang kesulitan mendapatkan air bersih bahkan sampai mereka semua harus meregang nyawa karena dehidrasi.

 

 

Penulis: Admin.

 

 

 


TAG

Dipost Oleh Admin FK-KIM

FK KIM Kota Serang adalah forum resmi kelompok informasi Kota Serang yang berfungsi sebagai media silaturahmi dan informasi yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kota Serang.