Logo
images

Peran Kemendagri Dalam Konvergensi Penurunan Stunting

SERANG - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Rabu (15/09/2021).

Berdasarkan Perpers No.72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting. Melaksanakan konvergensi dalam perencanaan dan penganggaran, serta pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan jenis cakupan dan kualitas intervensi gizi di tingkat pusat dan daerah.

Ditjen Bangda Kemendagri, Adriyanto menjelaskan, di setiap provinsi dan kabupaten/kota harus mengintegrasikan program dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting dalam dokumen perencanaan dan penganggaran daerah (RPJMP, RPJM Menengah, RAD Pangan dan Gizi, RKP Daerah, serta APBD dan RKA).

"Targetnya sesuai dengan RPJMN Tahun 2020-2024 menurunkan prevalensi stunting pada anak dibawah usia 2 tahun menjadi 14% dengan pelibatan lintas sektor," jelasnya saat memaparkan materi.

Mengingat hal tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memiliki program Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting. Yaitu 5 Pilar diantaranya sebagai berikut :

Pilar 1 peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.

Pilar 3 Peningkatan konvergensi Intervensi Spesifik dan Intervensi Sensitif Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa.

Pilar 5 Penguatan dan pengembagangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi di daerah. Dengan demikan peran Pemerintah Daerah juga harus ikut melaksanakan program penurunan stunting tersebut.

Adapun konvergensi penurunan stunting meliputi : Dinas PU & TR, Dinas Perkim & LH, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PP, PA & KB, Dinas Pendidikan, Dinas Ketahanan Pangan & Perikanan, Dinas Pertanian, Perternakan & Perkebunan, Dinas PM & PEMDES, Camat, Lurah Kades, TP-PPK.

 

 

Penulis : admin.



Dipost Oleh Admin FK-KIM

FK KIM Kota Serang adalah forum resmi kelompok informasi Kota Serang yang berfungsi sebagai media silaturahmi dan informasi yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kota Serang.