Logo
header
images

Taman Kreatif Pipitan Jadi Tempat Inspirasi Bermain dan Belajar Anak

SERANG - Kampung Wisata Pipitan di resmikan pada tanggal 12 Desember 2019 bertempat di Lingkungan Pipitan RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten.

Kampung Wisata Pipitan adalah kampung wisata rintisan yang di bina oleh Dispora Kota Serang, Dinas Pariwisata Provinsi Banten, dan Kemenparekraf RI.

Beberapa potensi Yang ada Kampung Wisata Pipitan Antara lain produksi kerajinan/ Kriya dari Kayu, limbah serat alam dan lain sebagainya.

Selain itu para pengunjung juga dapat menikmati antraksi Budaya meliputi Pepetan Wewe, Debus Banten, terbang gede, silat dll, dan untuk makanan khas Kampung Wisata Pipitan untuk Kuliner diantara nya Sayur Belohok, Sate Bandeng, Gimpang.

Saat ini Kampung Wisata Pipitan sedang mengembangkan beberapa Taman Tematik di antara nya ada Taman Kreatif Pipitan, Taman Kosambi, Taman Sakinah dan Taman 3 R.

Di Kampung Wisata Pipitan telah membuka berapa paket wisata diantaranya paket wisata Fild trip atau kunjung anak-anak sekolah seperti, Paud, TK, SD, SMP, SMA, komunikasi dan lain sebagainya.

Kampung Wisata Pipitan yang di ketuai oleh Akhyadi sudah mendapatkan beberapa prestasi dan penghargaan baik di bidang lingkungan ataupun di bidang pariwisata di antara nya, pada Tahun 2018 mendapatkan penghargaan dari PT. ASTRA Internasional bidang Lingkungan, pada tahun 2019 mendapat penghargaan Dari Karang Taruna Provisi Banten menjadi Karang Taruna Percontohan Tingkat Provinsi Banten.

Pada tahun 2020 mendapatkan Apresiasi Industri Pariwisata Provinsi Banten Katagori Wisata Digital Kreatif, pada Tahun 2021 mendapat Penghargaan Dari Kemenparekraf RI sebagai Binaan Kemenparekraf Tahun 2021.

Kampung Wisata Pipitan saat Ini sedang mengembangkan beberapa Taman tematik dan industri Kreatif/ Ekraf di bidang Kriya, kuliner, Fashion dan sarana bermain Untuk anak anak.

Harapan kami dari Kampung Wisata Pipitan kedepan nya semoga banyak pengunjung ataupun wisatawan yang datang ke Kampung Wisata Pipitan dan Juga harapan kami untuk pemerintah ataupun swasta adalah semoga kami dapat terus dapat dibina dan membantu Kami dalan Pengembangan baik SDM atau sarana prasarana nya seperti sarana tempat bermain anak, Kolam renang mini, tempat berkreasi dll,

"Semoga dengan lengkap nya saran dan fasilitas yang ada di Kampung Wisata Pipitan dapat menjadi daya tarik wisata dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian warga masyarakat dan Juga mengurangi penganguran yang ada di masyarakat," harapnya.

 

 

Penulis : Akhyadi KIM Taman Kreatif Pipitan.



Dipost Oleh Admin FK-KIM

FK KIM Kota Serang adalah forum resmi kelompok informasi Kota Serang yang berfungsi sebagai media silaturahmi dan informasi yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kota Serang.